Posted in Cooking

[Resep] Homemade (Assorted) Mushroom Soup

image

Resep pertama di tahun 2015 😉

Sudah hampir 6 bulan saya sama Alma “menetap sementara” di Bandung, cukup beralasan karena memang ada keperluan yang waktunya kurang bisa diprediksi. Gimanapun, yang terpenting adalah semua hasil kesepakatan sama si Ayah 😊 #eh kok malah curhat 😅

Ok balik lagi 😁

Cukup lamanya saya sama Alma meninggalkan Penang, ternyata bikin saya kangen sama satu jenis makanan Jepang yang waktu awal saya coba, langsung jatuh cinta sama rasanya 😍

Continue reading “[Resep] Homemade (Assorted) Mushroom Soup”

Posted in Cooking

[Resep] Ketan Sarikaya

image

Ramadhan tahun 2014 kemarin, berasa banget lagi merantau-nya. Setiap hari harus putar otak menyusun menu buka puasa plus takjilnya.

Kalau yang udah expert sih nggak masalah mungkin ya, tapi saya kan ‘chef’ amatiran yang terjun ke dapur karena kekuatan ‘terpaksa bin kepepet’, hehe 😝

Tapi nggak apa-apa juga sih, lama-lama masak tuh jadi semacam hobi buat saya. Betah di dapur, betah coba resep sana sini, betah berantakin, tapi nggak betah beres-beresnya 😝 hihi..

Continue reading “[Resep] Ketan Sarikaya”

Posted in Cooking

[Resep] Gepuk Daging Sapi (Super Empuk)

gepuk1

Sebelumnya, saya selalu masak daging dalam bentuk daging cincang buat Alma. Tapi lama-lama, kok ya cape juga harus terus menerus giling daging. Maklum, gak punya food processor niih, yang ada cuma chopper yang kapasitasnya kecil, 100 gram saja setiap kali giling. Capeee kalau giling daging 250 gram buat stok harus sampai 3 kali kerja, “Buuu..berisik”, kata Alma, hehe.

Bukan cuma cape dan berisik, membersihkan chopper-nya setelah dipakai giling juga lumayan susah, sisa daging nyelip dan nyangkut di bagian-bagian kecil yang susah dijangkau untuk dibersihkan.

Alasan terakhir, yaa pengen eksperimen juga dengan menu lain yang tanpa digiling, biar gak bosen juga kaan 😉 Hehe.. Sebenarnya sih biar gak bosen dan gak ribet harus bikin menu lain buat Ayah-Bubu, biar bisa sekalian kaan menu nya dimakan bertiga.. Praktis ;p hihi..

Nah, kenapa sih ‘ribet’ amat ‘memaksakan diri’ untuk masak daging buat anak?

Continue reading “[Resep] Gepuk Daging Sapi (Super Empuk)”

Posted in Cooking

[Resep] Homemade Ayam Pop

ayampop

Berhubung saya ada keturunan Minang, masakan Khas Sumatera Barat ini biasa jadi menu harian di rumah Mama di Bandung. Mama sebetulnya jarang masak menu yang terkenal dengan santan dan pedasnya ini, cuma sesekali aja. Mama lebih jago masak makanan khas Sunda karena duluu banget awal belajar masak memang masakan Sunda, mengingat Papa memang orang Sunda asli. Tapi.. karena Ibu (nenek saya) orang Minang asli yang memang jago masak, secara gak langsung bukan cuma dapat ilmu gratis, tapi juga sekalian makanannya, hihi 😀

Continue reading “[Resep] Homemade Ayam Pop”

Posted in Cooking

[Resep] Homemade Salmon Steak with Cheese Sauce

salmon2Akhirnyaaaaaa masak salmon lagi setelah sekiaaaaaan lama 😀

Sebenarnya, Alma kurang suka makan salmon (sama kaya Bubunya), beda sama Ayah yang doyan banget sama makanan satu ini. Dulu sih yaa, alhamdulillah banget kalau Alma kurang suka, secara satu potong salmon seberat 250 gram harganya hampiiiir sama kayak ayam kampung 1 ekor, heu.

Continue reading “[Resep] Homemade Salmon Steak with Cheese Sauce”