Posted in Cooking

[Resep] Gepuk Daging Sapi (Super Empuk)

gepuk1

Sebelumnya, saya selalu masak daging dalam bentuk daging cincang buat Alma. Tapi lama-lama, kok ya cape juga harus terus menerus giling daging. Maklum, gak punya food processor niih,Ā yang ada cuma chopper yang kapasitasnya kecil, 100 gram saja setiap kali giling. Capeee kalau giling daging 250 gram buat stok harus sampai 3 kali kerja, “Buuu..berisik”, kata Alma, hehe.

Bukan cuma cape dan berisik, membersihkanĀ chopper-nya setelah dipakai giling juga lumayan susah, sisa daging nyelip dan nyangkut di bagian-bagian kecil yang susah dijangkau untuk dibersihkan.

Alasan terakhir, yaa pengen eksperimen juga dengan menu lain yang tanpa digiling, biar gak bosen juga kaan šŸ˜‰ Hehe.. Sebenarnya sih biar gak bosen dan gak ribet harus bikin menu lain buat Ayah-Bubu, biar bisa sekalian kaan menu nya dimakan bertiga..Ā Praktis ;p hihi..

Nah, kenapa sih ‘ribet’ amat ‘memaksakan diri’ untuk masak daging buat anak?

Continue reading “[Resep] Gepuk Daging Sapi (Super Empuk)”

Posted in Cooking

[Resep] Homemade Ayam Pop

ayampop

Berhubung saya ada keturunan Minang, masakan Khas Sumatera Barat ini biasa jadi menu harian di rumah Mama di Bandung. Mama sebetulnya jarang masak menu yang terkenal dengan santan dan pedasnya ini, cuma sesekali aja. Mama lebih jago masak makananĀ khas Sunda karena duluu banget awal belajar masak memang masakan Sunda, mengingat Papa memang orang Sunda asli. Tapi.. karena Ibu (nenek saya) orang Minang asli yang memang jago masak, secara gak langsung bukan cuma dapat ilmu gratis, tapi juga sekalian makanannya, hihi šŸ˜€

Continue reading “[Resep] Homemade Ayam Pop”

Posted in Cooking

[Resep] Pepes Tahu Panggang

tahuresize

Orang Sunda pasti tau banget deh sama makanan satu ini šŸ˜‰ Tahu dilumat, dibumbui,Ā dikasihĀ rempah dedaunan, terusĀ dibungkus daun pisang dan dikukus.

Dua hal khas yang saya ingat dari pepes tahu buatan MamaĀ adalah, wangi dari daun kemangi dan daun pisang šŸ˜ŠĀ Tapi sayangnya, di perantauan ini susah buat saya untuk dapat daun kemangi.

Nah, kalau daun pisang sebenernya nggak susah ya buatĀ didapat, cuma atas nama kepraktisan (nggak perlu bungkus satu persatu šŸ˜), saya mengubah cara masak dan ternyata, voila!

Enaknya nggakĀ kalah samaĀ resep aslinya yang dikukus pakai daun pisang šŸ˜‰ Coba yuk!

Continue reading “[Resep] Pepes Tahu Panggang”

Posted in Cooking

[Resep] All About Soups

supdaging
Gambar: Sup bola-bola daging

Menu sup adalah menu andalan saya kalau lagi ā€˜malesā€™ masak. Menu ini praktis karena gak pakai banyak bumbu, mudah dikerjakan, dan yang pasti one dish meal ā€“ alias semua lengkap dalam satu menu (lauk, sayur dan bisa juga karbohidrat), menu yang bukan cuma bisa untuk balita tapi jelas bisa dimakan bareng Ayah-Bubu di meja makan :D. Semua tinggal iris dan cemplung, hehe..

Continue reading “[Resep] All About Soups”