Posted in Cooking

[Resep] Soto Ayam Kampung

homemade-soto-ayam-kampung

Inget banget pertama kali mutusin bikin menu ini, awalnya karena kebingungan gimana lagi mau ngolah ayam kampung selain bikin sup, hehe 😁

Waktu itu Alma masih umur setahunan, jadi kemampuan mengunyahnya juga masih level beginner lah ya, hihi.. πŸ˜„

Otomatis kalau ayam kampung begini, yang notabene lebih alot kalau dimasak, saya lebih memilih untuk cari menu rebus supaya ayamnya lebih empuk. Pertimbangan lain, ayam kampung yang dibeli segar (masih dalam keadaan hidup dan dipotong saat ada yang beli), bakal enak bangettt bangetttt kalau jadi kaldu alias direbus. Super deh gurihnya πŸ˜‰

Jadilah mutusin untuk bikin soto ayam 😊

Dulu jaman kuliah, memang lumayan doyan makan soto ayam depan kampus kalau kebetulan praktikum di laboratorium Singaperbangsa, itung-itung nostalgia juga 😜

Cari-cari resep sana sini, terus akhirnya mutusin untuk nyoba 1 resep (saking lama nya udah lupa sumber resepnya) 😝 hehe.. Cuma seinget saya, bumbunya lumayan lengkap hampir mirip sama bikin ayam ungkep kuning, yang dihaluskan termasuk ketumbar dan kemiri.

Tapi setelah jadi, menurut saya kuahnya jadi terlalu kental dan dominan bumbu, rasa kaldu ayamnya malah kalah, heu. Jadi waktu itu percobaan berikutnya, saya gak pakai ketumbar dan gak pakai kemiri. Hasilnya ternyata lebih cocok di lidah πŸ˜„ Only a matter of taste, cuma soal selera aja πŸ˜‰

Percobaan selanjutnya, masih tanpa ketumbar dan kemiri plus dimodifikasi sampai dapat resep yang paling pas πŸ˜€ Jadilah resep andalan sampai sekarang πŸ˜‰ :

Soto Ayam Kampung

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung (1 kg), potong menjadi 8 atau 12 bagian
  • 3 liter air

Bumbu:

  • 14 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 4 cm kunyit
  • 3 cm jahe
  • Merica butir sesuai selera
  • 4 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 10 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 batang besar daun bawang, iris
  • 1 buah tomat ukuran kecil, potong menjadi 4 bagian
  • Minyak untuk menumis

Pelengkap:

  • 250 gram tauge, cuci bersih kemudian rebus sebentar dalam air mendidih, tiriskan
  • 100 gram soun, rebus kemudian tiriskan
  • 2 buah tomat ukuran besar, cuci bersih dengan air Β matang, potong dadu
  • 5 butir telur, rebus sampai matang
  • Cabai rawit merah, cuci bersih dengan air matang, iris tipis
  • 1 buah jeruk nipis, cuci bersih kemudian potong menjadi beberapa bagian
  • Bawang goreng untuk taburan

Cara membuat:

  • Cuci bersih ayam
  • Didihkan air dalam panci
  • Masukkan ayam ke dalam air mendidih, buang busa coklat yang terbentuk
  • Jika kuah telah jernih, masukkan lengkuas, batang serai, daun salam dan daun jeruk
  • Kecilkan api, tutup panci, masak selama 1,5 jam hingga ayam empuk
  • Sementara itu, haluskan bumbu: bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan merica
  • Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum
  • Tuang bumbu halus ke dalam panci 30 menit menjelang matang (setelah ayam direbus selama 1 jam)
  • Menjelang matang, tambahkan potongan tomat dan daun bawang
  • Matikan api
  • Tata tauge, soun, potongan tomat mentah di dalam mangkuk
  • Tambahkan ayam dan siram dengan kuah soto
  • Sajikan hangat

Oh iya, kalau gak salah ada beberapa resep yang ayamnya digoreng lagi setelah direbus. Boleh aja suka-suka sesuai selera πŸ˜‰

Kalau saya, karena ada anak balita ikut makan, jadinya cukup direbus aja πŸ˜„ Selain (jelas) lebih empuk, juga lebih sehat πŸ˜‰ Β Tetep enak, kok 😊

Soto ayam biasanya pakai kol mentah, cuma karena saya kurang doyan kol, diganti tomat mentah aja 😁 Ini enaknya masak sendiri, suka-suka sah-sah ajalah 😁 hehe..

Alma kalau makan menu ini, bisa makan sendiri tanpa gangguan. Alhamdulillah semangat dan makannya banyaaaak πŸ˜‰ Ayah juga selalu keliatan nikmat banget makannya kalau saya masak menu ini. Belum lagi komentarnya, “Kayak di restoran Bu, lengkap banget”. Alhamdulillah 😊

Biasanya pelengkapnya selalu saya sajikan di piring-piring terpisah di meja, termasuk cabe rawit dan jeruk nipisnya, jadi tiap mau makan bisa suka-suka isi mangkuk dengan pelengkapnya πŸ˜‰

Masak ayam kampung 1 ekor gini, bisa buat bertiga, sarapan sampai makan malem.. Untung Ayah gak pernah protes kalau menu nya sama seharian 😁 hihi..

Yuk, masak untuk orang-orang tercinta dengan bumbu cinta πŸ˜‰

Advertisements

2 thoughts on “[Resep] Soto Ayam Kampung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s