Posted in Cooking

[Resep] Homemade Ayam Pop

ayampop

Berhubung saya ada keturunan Minang, masakan Khas Sumatera Barat ini biasa jadi menu harian di rumah Mama di Bandung. Mama sebetulnya jarang masak menu yang terkenal dengan santan dan pedasnya ini, cuma sesekali aja. Mama lebih jago masak makanan khas Sunda karena duluu banget awal belajar masak memang masakan Sunda, mengingat Papa memang orang Sunda asli. Tapi.. karena Ibu (nenek saya) orang Minang asli yang memang jago masak, secara gak langsung bukan cuma dapat ilmu gratis, tapi juga sekalian makanannya, hihi 😀

Biasanya memang Ibu yang masak dendeng balado, ayam gulai padeh hijau, rendang, terong balado, daaan teman-temannya. Tapii.. Mengingat sekarang umur beliau sudah cukup sepuh, mau gak mau Mama harus mencuri ilmu biar bisa masak masakan Padang sendiri, hehe.

Ayam pop jadi salah satu dari sekian banyak menu masakan Padang yang jadi favorit di rumah. Cumaa.. Untuk menu satu ini entah kenapa Ibu gak pernah bikin dan Mama pun lebih memilih beli dari RM langganan. Tapi.. Beberapa bulan lalu, mungkin menyadari betapa borosnya kalau beli terus ayam pop dari RM langganan yang harganya (gak) Sederhana itu, tiba-tiba Mama beli ayam pejantan tanpa kulit terus dibikin ayam pop. Hasilnya? Enak bangettt! Adik saya yang bungsu sampai gak percaya kalau itu bikinan Mama, hehe. Alma juga doyaan..

Setelah balik ke Penang akhir tahun kemarin, Alma sering minta ayam pop. Disini mana ada yang jual? Terus saya inget Mama, langsung telepon minta resep 😀 simpel banget ternyata, gak perlu kupas banyak bawang, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri dkk kayak kalau bikin ayam kuning (ya iyalaaaah). Hepi lah saya, gak perlu cape nyiapin plus nguleg (ngeblender siih.. ;p) banyak bumbu daaan lagi-lagi hasilnya enak. Berikut resepnya:

Homemade Ayam Pop
Bahan:

  • 1 ekor ayam pejantan atau ayam kampung, buang kulitnya, potong 8 bagian (besar) atau 12 bagian (kecil)
  • Air kelapa dari 1,5 buah kelapa atau dari 1 buah kelapa ditambah sedikit air

Bumbu:

  • 6 siung bawang putih
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1 batang serai, memarkan

Cara membuat:

  • Cuci bersih ayam
  • Haluskan bawang putih bersama merica dan garam
  • Balur bumbu halus ke potongan ayam
  • Letakkan potongan ayam berbumbu di dalam wajan besar bersama dengan serai yang sudah dimemarkan
  • Gunakan api kecil, aduk-aduk ayam sampai berubah warna
  • Tuang air kelapa ke dalam wajan, besarkan api, biarkan mendidih
  • Setelah mendidih, kecilkan kembali api, tutup wajan, masak selama kurang lebih satu jam atau sampai air menyusut dan ayam empuk
  • Setelah empuk, boleh digoreng lagi sebentar atau langsung disantap
  • Sajikan dengan sambal, nasi hangat, dan lalapan

Gampang kan? Ayah bilang sih kurang mirip sama yang di restoran, a different menu kata ayah, tapi tetep enak 😀 alhamdulillah. Nanti kalau sudah coba resepnya, jangan kaget kalau rasanya gurih, kunci resep ini memang ada di air kelapanya, jadi pastikan pakai air kelapa yang segar.

Oh iya, saya biasa pakai ayam kampung segar, pastinya gurih, gak amis, dan gak perlu lagi tambahan MSG 😉

Selamat mencoba! 🙂

Advertisements

7 thoughts on “[Resep] Homemade Ayam Pop

  1. Buu, pgn coba niy, tp mu tnya yg poin 5, disitu masak ayamnya, pake air ato cm ayam plus bumbu2 aja? Ato pke minyak jd kya d tumis gt? Maaf y tnya2, mksh

    Like

  2. Hihi.. maap ya redaksionalnya sedikit membingungkan, makasih bu udah nanya, jadinya barusan diedit 😀 Gak pakai air bu, jadi setelah dibumbuin, nyalain api kecil aja, aduk-aduk ayamnya sampe berubah warna (paling juga 1-2 menit, kayak numis tapi gak pake minyak), abis itu siramin/tuang air kelapa, baru dimasak deh 😀 semoga jelas yah, hehe.. Masak buat buka bu? Selamat masak 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s