Posted in Cooking

[Resep] Homemade Salmon Steak with Cheese Sauce

salmon2Akhirnyaaaaaa masak salmon lagi setelah sekiaaaaaan lama 😀

Sebenarnya, Alma kurang suka makan salmon (sama kaya Bubunya), beda sama Ayah yang doyan banget sama makanan satu ini. Dulu sih yaa, alhamdulillah banget kalau Alma kurang suka, secara satu potong salmon seberat 250 gram harganya hampiiiir sama kayak ayam kampung 1 ekor, heu.

Kurang suka-nya Alma sama salmon, menurut saya mungkin karena salmon relatif kurang gurih dibanding ikan laut lain macam tenggiri atau bawal.. Alma selera makannya mirip Bubu, hehe.

Tapiii, beberapa minggu yang lalu pas lagi belanja stok buah, lewat deretan ikan berwarna pink-salem ini terpajang rapi dan kelihatan superrrrrr segarrrrr, jadinya tergoda untuk memegang bagian dagingnya mengidentifikasi langsung kesegarannya, eeeeh dagingnya cepet balik lagi setelah ditekan.. beneran segerrr nih!

Terus mikir… dulu Alma nggak doyan apa karena kurang gurih atau memang si Bubu yang nggak bisa mengolahnya? 😛 hihi.. Yowis, mumpung ayah baru gajian akhirnya dibeli juga 😀

Naaah, pas udah sampai di rumah, baru bingung. Mau dimasak apa nih? Ahahahahahaha… 😛

Untung ada om google 😀 Mengolah salmon kan gampang-gampang susah yaa. Sayang omega-3 nya itu looh kalau cara masaknya kurang tepat. Jadilah pencarian saya seputar grilled salmon atau pan-fried salmon (pakai sedikit minyak), soalnya dulu dibikin sup udah pernah.

Selain itu, cari resep yang paling simpel soalnya sayang udah beli mahal-mahal kalau jadinya cape masak  menghabiskan banyak bumbu dan nggak enak 😛 hihi…

Contek dan modifikasi sedikit dari dua resep, jadilah resep ini:

Salmon Steak with Cheese Sauce

Resep diadaptasi dari sini dan sini:

Bahan:

  • 1 potong salmon segar (saya pakai 200 gram)
  • Kacang edamame
  • Wortel, iris panjang
  • Jagung, potong/pipil, sesuai selera
  • Unsalted butter
  • Minyak zaitun extra light
  • 1 sdm air perasan jeruk lemon/nipis
  • Susu UHT plain
  • 2 lembar keju slice

Bumbu:

  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada hitam
  • 3/4 sdt garam

Cara membuat:

Steak salmon:

  • Cuci bersih ikan salmon
  • Haluskan bawang putih bersama lada hitam dan garam. Setelah halus, campur dengan 1 sdm jeruk nipis dan 1 sdt minyak zaitun, aduk rata
  • Balur potongan ikan dengan bumbu halus hingga merata
  • Simpan dalam lemari es minimal 1 jam
  • Panaskan wajan anti lengket, lelehkan unsalted butter bersama dengan 2 sdt minyak zaitun
  • Kecilkan api, masak potongan salmon selama 5-6 menit untuk setiap sisi atau hingga matang (ciri: daging salmon mudah hancur oleh garpu/mudah membentuk serpihan), sisihkan
  • Rebus kacang edamame, potongan wortel, dan jagung, sisihkan

Saus keju:

  • Tuang 10-15 mL susu UHT plain ke dalam panci kecil
  • Tambahkan potongan keju slice
  • Masak dengan api kecil sampai keju meleleh, matikan api

Sajikan steak salmon dengan sayuran rebus dan saus keju. Untuk karbohidratnya, kalau jagung belum cukup kenyang, bisa ditambah kentang atau nasi.. (nggak jadi steak dong, hehe).

Naaaah… ternyata eh ternyata, Alma doyaaaan menu ini. Teruuuuss, Ayahnya komentar, “Apa tuh, Bu? Kayaknya enak”. Nggak lama, Ayah ikutan makan juga 😀 hihi.. Enak kata Ayah 😉

Saya juga ikut nyicip, eeeeh ternyata bisa enak juga si ikan mahal ini 😛

Syukur deh. Semua senang 😀 Lagi-lagi menu sehat bergizi tanpa MSG yang bisa buat balita dan dewasa. Simpel masaknya, enak hasilnya. 🙂 Selamat mencoba 🙂

Advertisements

7 thoughts on “[Resep] Homemade Salmon Steak with Cheese Sauce

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s