Posted in Cooking

[Resep] Pepes Tahu Panggang

tahuresize

Orang Sunda pasti tau banget deh sama makanan satu ini 😉 Tahu dilumat, dibumbui, dikasih rempah dedaunan, terus dibungkus daun pisang dan dikukus.

Dua hal khas yang saya ingat dari pepes tahu buatan Mama adalah, wangi dari daun kemangi dan daun pisang 😊 Tapi sayangnya, di perantauan ini susah buat saya untuk dapat daun kemangi.

Nah, kalau daun pisang sebenernya nggak susah ya buat didapat, cuma atas nama kepraktisan (nggak perlu bungkus satu persatu 😁), saya mengubah cara masak dan ternyata, voila!

Enaknya nggak kalah sama resep aslinya yang dikukus pakai daun pisang 😉 Coba yuk!

Eh, tapi tunggu dulu. Sebelum beranjak ke resep, saya mau cerita dulu.

Setiap masak pepes tahu, saya kok rasanya kurang rela gitu, kalau si tahu ini isinya tok cuma tahu aja, nggak ada nutrisi tambahan dari bahan lain — berhubung Alma pastinya ikut makan juga 😁

Jadilah saya akali resep ini dengan protein tambahan. Selain nambah nutrisi, eeeh nambah gurih juga looh 😊.

Seperti resep-resep saya sebelumnya, nggak perlu lah yaa pakai penyedap atau kaldu bubuk instan dan sejenisnya, kan udah ada kaldu asli dari bahan masakannya langsung ;).

Pastikan selalu pakai bahan yang segar dan berkualitas baik yah 😊 Yuk intip resepnya:

(Pepes) Tahu Panggang

Bahan:

  • Tahu 600 gr (4-5 buah tahu ukuran besar), potong dadu kemudian lumatkan
  • Udang kupas 75 gr, potong dadu kecil
  • Daging ikan tenggiri 60 gr* (optional), potong dadu kecil (boleh diganti dengan teri nasi goreng kering yang dilumatkan) *kalau cuma pakai udang tanpa ikan, perbanyak jumlah udang sebanyak jumlah ikan tenggiri
  • Telur 2 butir, kocok
  • Tomat 1 buah ukuran kecil, potong dadu kecil
  • Daun bawang secukupnya, iris tipis
  • Keju parut (optional)
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Garam 1 1/2 sdt
  • Gula pasir 3/4 sdt
  • Minyak untuk menumis (saya pakai zaitun extra light) dan untuk mengoles pinggan tahan panas

Bumbu halus:

  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • Merica butir sesuai selera

Cara membuat:

  • Siapkan wadah besar bersih untuk adonan tahu
  • Masukkan tahu lumat, potongan tomat, dan setengah daun bawang yang telah diiris
  • Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daun salam dan daun jeruk
  • Tambahkan potongan udang dan ikan tenggiri ke dalam tumisan bumbu, aduk sampai berubah warna dan kaku, masukkan sisa daun bawang, aduk rata, matikan api
  • Masukkan tumisan udang dan ikan tenggiri ke dalam wadah adonan tahu, aduk merata
  • Tambahkan garam, gula, dan keju parut (jika pakai), cicipi
  • Masukkan kocokan telur, aduk rata
  • Panaskan oven pada suhu 200 derajat selama 10 menit
  • Oles pinggan tahan panas dengan minyak, tuang adonan tahu ke dalam pinggan tahan panas (saya pakai pyrex)
  • Panggang dengan suhu 200 derajat selama 40 menit atau sampai matang merata (Tes kematangan dengan menusuk bagian tengah adonan menggunakan tusuk gigi/sumpit. Kalau kering, berarti sudah matang. Tapi kalau masih basah, lanjutkan memanggang)
  • Sajikan hangat

Resep ini cara masaknya fleksibel banget deh 😉

Buat yang ingin membuat menu ini tapi nggak ada oven, setelah adonan siap di wadah tahan panas, bisa langsung dikukus. Tetap praktis karena gak perlu dibungkus kaaan.. 😉 Tapi mungkin harus menggunakan wadah yang lebih kecil mengingat ruang dalam kukusan lebih kecil daripada oven.

Nah, untuk yang ingin membuat pepes tahu versi aslinya, adonan diisikan ke dalam daun pisang yang di dalamnya dilapisi daun salam (dan daun jeruk jika suka) untuk menambah aroma dan rasa. Buat beberapa bungkus kemudian kukus 😄

Kalau tetap mau versi yang dibungkus tapi nggak punya daun pisang, bisa pakai alumunium foil 😀

Enak, bergizi, praktis! 😀 Menu yang bisa dijadikan lauk, atau sekedar cemilan ‘berat’.

Enak dimakan dengan nasi hangat, atau simply dicocol sambal uleg, saus tomat atau bahkan mayonnaise.

Selamat mencoba! 🙂

Advertisements

3 thoughts on “[Resep] Pepes Tahu Panggang

    1. Teri nasi itu teri yg putih kecil-kecil, biasa disebut teri medan. Tapi kalau teri medan biasanya sudah diawetkan/diasinkan. Teri nasi itu aslinya teri ‘medan’ sebelum diasinkan. Selamat masak! 😊

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s